Tuesday, August 2, 2016

SERUNYA RAFTING DI SUNGAI PEKALEN PROBOLINGGO

Sungai Pekalen, terletak 25 km dari kota Probolinggo tepatnya terbentang di antara tiga kecamatan berturut-turut yaitu kecamatan Tiris, kecamatan Maron, dan kecamatan Gading. Karakteristik sungai berbelok dan bertebing, Panorama alam yang indah, puluhan jeram (grade 2 s/d 3+) yang exotic dan menantang, kemegahan air terjun, dan kemolekan gua-gua kelelawar, serta masih ditemuinya beberapa satwa langka seperti burung elang, burung kepodang, monyet, biawak, linsang, tupai dll menjadi daya tarik tersendiri yang dapat  dinikmati selama perjalanan. Sungai pekalen yang bersumber dari mata air gunung Lamongan dan Argopuro di Jawa Timur ini menurut penduduk setempat memiliki cerita historis dimana Sang Prabu Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajahmada pernah singgah di sungai tersebut. Ada juga legenda yang menyebutkan bahwa sang Ratu Dewi Rengganis yang pernah membangun istana pernah singgah ke sungai ini sebelum melarikan diri ke gunung Argopuro. Sampai sekarang penduduk sekitar masih meyakini adanya tempat pemandian sang dewi, di tempat tersebut. Konon ritual ini dilakukan setiap Jumat Legi pukul 24.00 malam.


Banyaknya tantangan ditemani dengan suguhan pemandangan sekitar nan eksotis. Di antaranya melewati guyuran lima air terjun dan juga ribuan kelelawar yang berada di sela-sela tebing. Tak hanya itu, menikmati loncat indah dari tebing berketinggian tujuh meter dari permukaan air sungai bisa menjadi alternatif berpetualang. Sungai Pekalen Atas ini masih sama terletak di desa Ranu Gedang, kecamatan Tiris, kabupaten Probolinggi, propinsi Jawa Timur. Dinamakan desa Ranu Gedang, karena di desa ini banyak terdapat pohon pisang (dalam bahasa jawa pisang disebut Gedang). Pekalen Atas memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi untuk berarung jeram dibandingkan dengan Pekalen Bawah. Bersumber dari mata air Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan dengan lebar sungai rata-rata 5-20 meter dan kedalaman air kurang lebih 1-3 meter. Jarak pengarungan dari Start-Finish kurang lebih 12 kilometer yang ditempuh selama 3,5 jam. Jumlah jeram sekitar 50 buah seperti Welcome, Batu Jenggot, Pandawa, Rajawali, Xtravaganza, KPLA, Tripple Ace, The Fly Matador, Hiu, Cucak Rowo, Long Rapid, Good Bye. Ada pula Jeram Inul, disebut demikian karena untuk melewati jeram itu, setiap peserta harus "bergoyang bak Inul". Tingkat kesulitan arung jeram disini yaitu grade II sampai III+.

Sungai Pekalen ini memang sangat cocok untuk anda yang menyukai wisata alam karena di Sunagi Pekalen ini anda akan disajikan pemandangan yang sangat bagus dan udara yang masih segar, jauh dari polusi dan asap seperti di tengah kota. Bagi kalian yang penasaran bagaimana serunya bermain di Sungai Pekalen bisa hubungi kami Vienna Tour di : 0271 – 821784 / 081329224569 – 081330001213. Kami siap memfasilitasi semua kebutuhan anda. 


Vienna ToursPosted By Vienna Tours

Biro Perjalanan Wisata contact us

Thank You


0 Responses So Far:

Post a Comment